by

Wujudkan Ketahanan Pangan,  Kementerian PUPR Targetkan Bangun Irigasi Seluas 1 Juta Hektare

-Hot News-184 views
Kerinci – Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektare, dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektare pada periode 2015-2019. Target ini untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional yang menjadi bagian Nawa Cita Pemerintah.
Di Kabupaten Kerinci, Jambi, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VI melakukan rehabilitasi jaringan irigasi pada Daerah Irigasi Batang Sangkir.
Rehabilitasi dilakukan dengan melakukan perbaikan jaringan irigasi yang rusak pada tahun 2019 dengan anggaran Rp 23 miliar. Total saluran irigasi yang direhabilitasi melayani areal irigasi seluas 4.169 ha. Rehabilitasi dikerjakan oleh Penyedia PT. Tuah Depangga Saki dengan konsultan supervisi CV. Afta Engineering Consultant.
Rehabilitasi dilaksanakan untuk perbaikan saluran yang tidak berfungsi dibangun pada tahun 1980an. Lingkup pekerjaan antara lain memfungsikan lagi saluran primer hiang sehingga mengembalikan kembali areal seluas 541 ha yang sudah lama tidak di tanam dan rehabilitasi bendung batang sangkir seluas 1.628 ha sehingga dapat mengalirkan lagi air pada saluran yang sempat putus.
Kamis 3 Oktober 2019 pihak konsultan melaksanakan running test di bendung hiang dengan hasil air dibuka 10 cm, air sudah sampai ke ujung saluran sepanjang 4.650 m. Air sudah dapat difungsikan untuk pertanian dan air baku untuk perumahan di 4 (empat) desa yaitu Desa Hiang Tinggi, Desa Hiang Karya, dan Desa Ambai Tinggi. Petani masih mengusulkan adanya saluran sekunder dari bangunan sadap 1 sampai 9 sehingga lebih mengontrol penggunaan air untuk pertanian.
Dengan adanya pembuatan irigasi tersebut masyarakat setempat mengucapkan ribuan terima kasih,sebab  irigasi ini sangat membantu masyarakat mengelola sawah yang selama ini kekurangan air.
” Kami sangat terbantu dengan adanya pembangunan irigasi tersebut,selain untuk pengairan sawah,masyarakatpun dapat mengunakan air tersebut untuk kebutuhan rumah tangga,”ungkap salah seorang masyarakat kepada Berita Jambi.co.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed