by

Fachrori Tinjau Harga Bahan Pokok Jelang Idul Adha

-Hot News-51 views

Jambi – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang merupakan Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si, dan Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi bersama-sama meninjau harga bahan pokok menjelang Idul Adha 1440 H, di Pasar Angso Duo, Jum’at (09/08/2019) pagi.

Gubernur dan rombongan meninjau stok dan menanyakan harga sayur mayur, cabai, ikan, dan daging sapi kepada para pedagang. Selanjutnya, gubernur, Sekda, dan rombongan meninjau harga bahan pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Harga-harga di TTIC adalah sebagai berikut: cabai merah Rp60.000, cabai rawit Rp64.000, beras 4.500/5Kg, daging sapi Rp120.000/Kg, ayam potong Rp30.000/Kg, bawang merah Rp22.000/Kg, bawang putih Rp28.000/Kg, selain itu stabil.

Gubernur mengatakan, peninjauan pasar dilakukan untuk memastikan ketersedian dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang lebaran Idul Adha.

Fachrori menjelaskan, secara umum, harga sembako yang ada di Pasar Angso Duo masih normal dan stabil, namun demikian ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga secara senifikan seperti cabai merah dan sayur-sayuran, yang dipengaruhi faktor cuaca (musim kemarau).

“Untuk manghadapi lonjakan harga, Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyiapkan took Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di setiap pasar sudah ada toko TPID, agar harga jangan terlalu tinggi naiknya serta Toko Tani Indonesia Center Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, untuk menstabilkan harga pangan di pasaran. Seperti harga cabai merah yang beberapa bulan belakangan ini merangkak naik sehingga membuat Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pangan murah cabai merah dengan harga petani dan terjangkau oleh masyarakat,” ungkap Fachrori.

“Kami lakukan pemantauan harga pasar menjelang Idul Adha karena ingin tahu stok barang dan harganya apakah naik atau masih stabil. Alhamdulillah, dari hasil pantauan kami semua barang stoknya aman dan harganya juga masih stabil dan terjangkau,” ungkap Fachrori.

Dalam pantauan tersebut, tidak terdapat harga yang naik secara signifikan utamanya daging, ayam dan ikan, demikian pula dengan harga sembilan bahan pokok (sembako) harganya masih relatif normal dan kalaupun ada kenaikan harga, kenaikannya sedikit, karena telah tersedia pasokan dari petani dan distributor jauh hari sebelumnya.

Usai peninjauan, gubernur dan rombongan menuju Rumah Dinas Gubernur Jambi di Kawasan Tanggo Rajo, untuk melihat langsung persiapan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed